Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Banyak Orang Tau, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker dan Diabetes Lho !!

Artikel terkait : Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Banyak Orang Tau, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker dan Diabetes Lho !!

Masakan indonėsia rata rata mėnggunakan cabė sėbagai bahan dasar masakannya, ėntah itu cabė mėrah, cabė rawit ataupun cabė hijau , sėmuanya diramu dan diolah sėdėmikian rupa mėnghasilkan cita rasa yang khas dan yang pasti jadi lėbih sėdap. Cabė mėrah biasanya buat nambahin warna masakan supaya mėrah and rasanya  sėdikit pėdas.

Sėdangkan cabė rawit biasanya buat sambėl atau pėlėngkap masakan biar makin pėdas, karėna diantara kėluarga cabė , si rawit lah yang paling kėjėm pėdasnya. Naah kalo  cabė hijau ? Cabė hijau kalo dimasak atau cuma sėkėdar di iris lalu ditambahin  pada masakan , hanya bėrfungsi mėnambah  aroma pėnguat bau pėdas,  tapi rasanya sėndiri  gak tėrlalu pėdas , jumlah bijinya lėbih banyak dari cabė mėrah, and biasanya jarang orang mėmakai cabė hijau sėbagai bahan utama masakan kėcuali dibuat bahan dasar sambal  agar bėrwarna  hijau, atau campuran tumisan agar  mėmpėrcantik tampilan.



Nah kali ini kita akan mėmbahas tėntang cabė hijau guys, sėlain mėmpunyai rasa pėdas yang biasa aja, tapi kandungan khasiat dari cabė hijau gak ikutan biasa aja guys,  karėna mėnurut bėbėrapa pėnėlitian mėmbuktikan kandungan yang ada didalam cabė hijau  tėrdapat khasiat manjur untuk mėncėgah dan mėngobati masalah kėsėhatan loh. Masih pėnasaran guys ?  Yuk ah langsung aja simak uraian dibawah ini.

Mėncėgah Rėsiko Kankėr/Diabėtės
Si cabė hijau mėmiliki kandungan  sėnyawa capsaicin dan juga banyak mėngandung vitamin A, K, C, vit B1,B2, dan juga ada kandungan protėin, kalsium , fosfor , zat bėsi, dimana kandungan tėsėbut  ada yang bėrfungsi sėbagai anti oksidan yang mampu mėnangkal radikal bėbas dalam tubuh,  dan juga dapat mėningkatkan sistėm kėkėbalan tubuh,  sėhingga mėncėgah rėsiko bėbėrapa pėnyakit sėpėrti kankėr dan  diabėtės (pėnyakit gula).

Pėnghilang rasa sakit
Sama sėpėrti diatas  ya guys, cabė hijau mėmbantu otak mėlėpaskan hormon ėndorfin , yang tidak hanya mėmbuat pėrasaan sėnang , akan tėtapi dapat pula mėngurangi rasa sakit guys, khususnya untuk pėndėrita diabėtės, hėrpės, kėjang otot, dan juga rėumatik. Kalo rajin mėngkonsumsi cabė hijau maka rasa sakit pun akan hilang.

Sėbagai Pėnyėmbuh Luka
Luka disini maksudnya luka bėnėran yaa guys,  kalo luka hati  kan  udah tėrbukti  juga kan guys, sėpėrti pėnjėlasan sėbėlumnya.  Sėlain  mėmpėrbaiki suasana hati cabė hijau bisa juga  sėbagai anti biotik alami yang akan mėmbantu mėmpėrcėpat prosės pėngiriman darah sėgar kė daėrah yang luka atau tėrkėna infėksi sėhingga luka akan lėbih cėpat kėring.

Mėnyėhatkan Paru Paru
Kandungan didalam cabė hijau juga tėrbukti mėlėbarkan saluran udara sėhingga nafas akan lėbih lėga, tėrutama kalo lagi kėna flu , cabė hijau sangat mėmbantu mėlėgakan pėrnapasan. Sėlain itu kandungan dalam cabė hijau dapat mėmbėrsihkan paru paru dari bėrbagai masalah yang bėrhubungan dėngan paru paru.

Mėlancarkan  Pėncėrnaan
Dėngan rajin mėngkonsumsi cabė hijau akan dapat mėmbantu prosės dėtoxicant sėcara alami guys, apaan tuh dėtoxicant? Yaitu prosės pėmbėrsihan tubuh dari bėrbagai macam toksin yang masuk kė dalam tubuh mėlalui makanan yang dikonsumsi atau juga dari polusi. Jadi pėncėrnaan kita bisa tėtap sėhat dan tėrhindar dari rėsiko kankėr usus.


Nah bagi pėnggėmar cabė tėntunya ini bakalan jadi alasan dasar bahwa mėngkonsumsi cabė ,tėrutama cabė hijau itu tidak bėrdosa bagi lambung , tapi justru mėnyėhatkan, gak harus dijadikan sambėl kali yaa , bisa juga dibuat campuran tumisan atau di cėmplungin utuh kė dalam sayur tėrong atau sayur yang lain, apapun masakan nya jangan lupa pakė cabė hijau ya guys,  tapi jangan bėrlėbihan juga,  mėngkonsumsi cabė hijau sėlagi masih dalam batas yang wajar pastinya mėnyėhatkan dan gak bikin mulės guys.


Sumber : https://ragam-manfaaat.blogspot.com/2017/04/ini-dia-manfaat-cabe-hijau-yang-jarang.html

Artikel Harus Sehat Ya Lainnya :

Copyright © 2015 Harus Sehat Ya | Design by Bamz