Tips Untuk Mengolah Kikil Agar Cepat Empuk Dan Menghilangkan Bau Amis

Artikel terkait : Tips Untuk Mengolah Kikil Agar Cepat Empuk Dan Menghilangkan Bau Amis


Kulit sapi yang selau menempel pada bagian kaki di sebut dengan kikil sapi. Makanan yang begitu lezat ini mempunyai begitu banyak olahan yang berbahan dasar kikil sapi. Contohnya sop kikil, tumis kikil, kikil kuah bening dan lain sebagainya. Tapi mengolah kikil tikak mudah seperti kita bayangkan. Karena sering muncul masalah saat kita memasaknya. Contohnya kikil sulit empuk dan bau amis yang luar biasa menyengat sulit hilang. Ditambah lagi dengan lendir yang menempel pada kikilnya.

Karena masalah itulah banyak orang yang tidak mau mengolah atau memasaknya. Karnanya anda harus tau tips untuk mengolah kikil dengan baik agar kikil menjadi nikmat, cepat empuk dan tidak lagi bau amis. Pada saat mengolah kikil diperlukan kesabaran yang ekstra, karena jika kita tidak sabar maka olahan kikil yang dihasilkan akan gagal atau menjadi tidak enak. Untuk mengetahui cara mengolah kikil dengan baik anda bisa simak tipsnya. 

Cara Untuk Membersihkan Kikil

Setelah anda membeli kikil, maka seharusnya anda langsung mencuci kikil tersebut. Cara mencucinya yaitu dengan merendam di dalam air mendidih. Lalu diamkan kikil selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, anda bisa membersihkan kikil seperti biasanya. Apabila terdapat bulu yang masih tersisa, maka anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan pisau.

Rebus Kikil

Setelah kikil bersih, anda bisa merebus kikil dengan menggunakan air biasa hingga kikil menjadi empuk. Agar proses merebus lebih cepat, maka anda bisa merebusnya di dalam panci presto selama kurang lebih 1 jam. Jika anda menggunakan panci biasa untuk merebus kikil, maka untuk membuat kikil menjadi empuk diperlukan waktu selama kurang lebih 2-3 jam. Ketika merebus kikil, anda bisa menambahkan rempah seperti daun jeruk, jahe, daun salam, dan lengkuas.Setelah kikil selesai direbus, anda bisa langsung membuang airnya agar kikil tidak bau.

Tiriskan Kikil

Apabila setelah direbus kikil masih tetap bau, setelah merebus kikil yang pertama kalinya anda bisa langsung meniriskan kikil dan menyiramnya dengan menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan agar sisa bau yang masih menempel hilang. Setelah itu, kikil bisa langsung diproses atau diolah menjadi olahan masakan sesuai dengan selera anda.

Cara Membumbui Kikil

Agar olahan kikil lebih nikmat, maka anda bisa membumbui kikil dengan perpaduan bumbu dasar dan rempah-rempah yang khas. Bumbu dan rempah yang dimaksud yaitu, kunyit, daun salam, bawang putih, daun jeruk purut dan lain sebagainya.

Cara Memasak Kikil

Setelah kikil selesai dibumbui, anda bisa langsung memasaknya sesuai dengan selera anda dengan bumbu yang menggoda.

Itulah tips mengolah kikil agar mudah, empuk dan menghilangkan bau amis pada kikil. Semoga saja tips ini bisa bermanfaat bagi anda selamat mencobak tipsnya.

Artikel Harus Sehat Ya Lainnya :

Copyright © 2015 Harus Sehat Ya | Design by Bamz