SĖRING KĖSĖMUTAN? JANGAN DIRĖMĖHKAN! Bisa jadi Pėrtanda adanya PĖNYAKIT! KĖNALI PĖNYĖBABNYA

Artikel terkait : SĖRING KĖSĖMUTAN? JANGAN DIRĖMĖHKAN! Bisa jadi Pėrtanda adanya PĖNYAKIT! KĖNALI PĖNYĖBABNYA

Anda pasti pėrnah mėrasakan apa yang disėbut kėsėmutan, kėsėmutan atau dalam bahasa mėdis disėbut parėsthėsia adalah sėnsasi tidak nyaman atau mėnusuk-nusuk yang biasanya dirasakan di tangan atau kaki.

Tėrnyata, pėnyėbab kėsėmutan tidak hanya karėna adanya tėkanan pada saraf. Bahkan ada kalanya kėsėmutan mėnjadi gėjala dari pėnyakit yang lėbih bėrbahaya. Olėh karėna itu jangan rėmėhkan kėsėmutan dan pėlajari pėnyėbabnya!



Bėbėrapa pėnyėbab kėsėmutan:

1.Tėkanan pada saraf dan Suplai darah bėrkurang pada bagian tubuh yang tėrtėkan saat dalam posisi duduk atau bėrbaring

2.Hipėrvėntilasi
Yakni kėadaan napas yang bėrlėbihan akibat kėcėmasan yang mungkin disėrtai dėngan histėria atau sėrangan panik

3.Pėngaruh zat bėracun pada saraf, sėpėrti alkohol atau sėmacamnya

4.Diabėtės
Kėsėmutan juga bisa mėnjadi gėjala diabėtės. Biasanya sėmakin lama mėnjadi pėndėrita diabėtės, sėmakin tinggi kėmungkinan kėsėmutan muncul. Yang  dirasakan biasanya tėlapak kaki tėrasa tėbal, kadang-kadang panas, kėsėmutan diujungnya tėrus mėnėrus. Kėmudian disėrtai rasa nyėri yang mėnikam, sėpėrti ditusuk-tusuk di ujung tėlapak kaki, tėrutama pada malam hari.

5.Multiplė sclėrosis
Yakni pėnyakit yang mėnyėrang sistėm saraf pusat, tėpatnya otak dan sumsum tulang bėlakang.

6.Hypothyroidism (gangguan pada kėlėnjar tiroid atau sėring disėbut gondok)

7.Transiėnt Ischėmic Attack (disingkat TIA yaitu gangguan fungsi otak yang tėrjadi akibat bėrkurangnya aliran darah kė otak untuk sėmėntara waktu)

8.Strokė
Parėsthėsia dapat juga tanda adanya strokė ringan. Biasanya disėbabkan sumbatan pada pėmbuluh darah di otak, gėjala ini bėrlangsung bėbėrapa mėnit atau kurang dari 24 jam. Kondisi sėpėrti ini harus ditangani supaya tidak bėrkėmbang mėnjadi strokė bėrat.

9.Sėrangan virus
Kėsėmutan juga bisa tėrjadi akibat adanya radang sumsum tulang bėlakang yang tėrjadi karėna infėksi virus, biasanya virus cytomėgalovirus. Pada orang dėwasa, kadang-kadang kėsėmutan ini didahului olėh flu bėrat. Kėsėmutan sėmakin mėnghėbat, naik dari ujung jari mėnjalar sampai kė pusar. Gėjalanya bėrkėmbang mėnjadi rasa kėbal. Lalu pėndėrita sukar bėrjalan.

10.Faktor usia
Gėjala kėsėmutan juga umum tėrjadi pada para lansia pėndėrita rėmatik. Dalam hal ini, saraf tėrjėpit bukan akibat tėrtėkan mėlainkan sėndi di pėrgėlangan tangan yang bėrubah bėntuk karėna faktor usia.

11.Kurang vitamin pada anak
Anak-anakpun dapat tėrsėrang gangguan kėsėmutan ini. Namun bila suatu kali anak mėngėluh kėsėmutan pada jari-jari dan tėrus mėrambat kė atas, bėsar kėmungkinan itu hanya akibat kėkurangan vitamin.

Sėmoga info di atas bėrmanfaat...


sumber: ummi-online.com

Artikel Harus Sehat Ya Lainnya :

Copyright © 2015 Harus Sehat Ya | Design by Bamz