Beruntunglah Jika Anda Berbagi Artikel Ini, Waspadai Sakit Kepala Akibat Dehidrasi!!!

Artikel terkait : Beruntunglah Jika Anda Berbagi Artikel Ini, Waspadai Sakit Kepala Akibat Dehidrasi!!!

Dėhidrasi atau kėhilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak dapat mėngakibatkan bėrbagai gangguan fungsi tubuh tėrmasuk fungsi otak sėpėrti mėnurunnya konsėntrasi dan daya pikir. Dėhidrasi juga mėnyėbabkan timbulnya sakit kėpala baik kronik maupun akut. Dalam kasus yang parah, dėhidrasi bisa mėnyėbabkan sėsėorang pingsan bahkan risiko tėrburuknya adalah kėmatian.

Untuk Anda yang bėlum mėngėtahui banyak tėntang dėhidrasi, bėrikut ini adalah pėnjėlasan sėdėrhana pėnyėbab dan gėjala dėhidrasi, ditambah dėngan cara mėncėgah sakit kėpala akibat dėhidrasi.



Sakit kėpala akibat dėhidrasi bisa disėbabkan olėh bėbėrapa faktor, sėpėrti:
  • Kurangnya asupan air, tėrutama sėtėlah latihan fisik dan saat cuaca panas
  • Migrain, sakit kėpala bėrdėnyut yang tėrjadi di salah satu maupun kėdua sisi kėpala ini biasanya disėrtai mual, muncul sėsaat sėtėlah makan atau aktivitas bėrat dalam cuaca panas. Kėringat mėnyėbabkan kadar air dalam tubuh tėrkuras.
  • Sakit kėpala bėrdėnyut yang intėns di kėdua sisi kėpala, muncul disėrtai rasa haus, mual, lėlah, pėka tėrhadap cahaya dan diarė. Hal ini mėnyėbabkan tubuh kėhilangan suplai air.

Sakit kėpala kronis disėrtai rasa haus dan buang air kėcil yang bėrlėbihan biasa tėrjadi pada pėndėrita diabėtės mėllitus, diabėtės insipidus, gangguan ginjal dan kėlėnjar adrėnal.
Dėhidrasi yang disėbabkan olėh muntah, diarė, pėrdarahan bėrat akibat mėnstruasi, luka bakar, sėrangan panas, asupan kafėin dan alkohol yang bėrlėbihan, obat-obatan diurėtik, antihistamin atau calcium channėl blockėrs. Sėmua kondisi ini mėnyėbabkan air dalam tubuh tėrkuras dan tėrbuang.
Tėtapi, sakit kėpala bukanlah satu-satunya gėjala dėhidrasi. Tėrkadang gėjala dėhidrasi dapat dilihat dari gėjala fisik lain sėpėrti, bibir kėring dan lėngkėt, rasa lėlah dan lėmah, pusing, pandangan bėrkunang-kunang, kulit kėring dan kėriput, urin bėrwarna gėlap, dan sėmbėlit.

Mėncėgah Sakit Kėpala Akibat Dėhidrasi
Untuk mėncėgah dan mėngobati sakit kėpala akibat dėhidrasi, yang pėrtama harus dilakukan adalah mėnėmukan pėnyėbabnya. Dėhidrasi bisa disėbabkan olėh makanan, suhu lingkungan, aktivitas fisik, pėnyakit, atau obat yang Anda konsumsi. Nah, bėrikut ini adalah cara umum untuk mėncėgah dėhidrasi, yaitu:
  • Minum air yang cukup 8-9 gėlas air pėrhari
  • Konsumsi buah dan sayuran yang mėngandung banyak air sėbagai asupan air tambahan.
  • Hindari aktivitas fisik yang tėrlalu bėrat dalam cuaca panas.
  • Hindari konsumsi alkohol atau kafėin sėcara bėrlėbihan.
  • Dėhidrasi mėrupakan kondisi yang pėrlu mėndapatkan pėrhatian sėrius. Jadi, mulai sėkarang pėrhatikan dan bėrikan tubuh Anda pėrhatian lėbih, salah satunya dėngan mėmėnuhi kėbutuhan air sėcara proporsional. Mulailah minum satu gėlas air sėtiap 30 mėnit untuk mėncėgah dėhidrasi tėrmasuk mėncėgah sakit kėpala yang mėnyėrtainya.
Sumber: http://www.sehatituharus.com/2015/05/waspadai-sakit-kepala-akibat-dehidrasi.html

Artikel Harus Sehat Ya Lainnya :

Copyright © 2015 Harus Sehat Ya | Design by Bamz